Cara Cepat Belajar Sketchup Untuk Pemula

Cara belajar sketchup

Cara Belajar Sketchup

Cara Cepat Belajar Sketchup Untuk Pemula – Sketchup adalah software 3D yang digunakan di dalam bidang arsitektur sebagai simulasi sebelum merealisasikannya menjadi sebuah produk yang akan dibuat.

Selain Sketchup, sebenarnya software desain 3D ada juga seperti 3ds Max, ArchiCAD, autoCAD 3D, dll. Sketchup memiliki tampilan seperti software desain yang lainnya, baik 2D atau 3D. Bedanya mungkin ada pada beberapa menu dan toolsnya.

Tetapi kali ini saya akan mengulas tentang dasar Sketchup terlebih dahulu karena merupakan software yang lebih ringan dibandingkan software 3D yang lainnya. Bagaimana cara dasar belajar sketchup bagi pemula ?

Sebelum menggunakan Sketchup dengan baik dan benar, alangkah baiknya kita belajar fungsi dari tools yang akan digunakan dalam mendesain bersama JuraganDesain.com. Karena merupakan faktor yang penting sebagai dasar bagi pemula.

Fungsi Tools dalam Sketchup

  1. Line ( L ), untuk membuat sebuah garis dengan ukuran tertentu. Bisa juga untuk membuat bidang persegi, segitiga, jajar jenjang, atau bentuk yang tidak beraturan.
  2. Circle ( C ), untuk membuat bidang lingkaran dengan ukuran tertentu secara langsung.
  3. Rectangle ( R ), untuk membuat bidang persegi dengan ukuran tertentu secara langsung.
  4. Arc, untuk membuat lingkaran. Bedanya di Arc kita bisa membuat setengah lingkaran ataupun lingkaran yang tidak penuh dengan titik poros sendiri atau dari bidang lain yang sudah ada.
  5. Polygon, membuat segitiga ataupun lebih secara langsung dengan ukuran tertentu.
  6. Push atau Pull ( P ), membuat bidang menjadi sebuah ruang, ataupun membuat ruang menjadi sebuah bidang dengan ukuran tertentu.
  7. Offset ( F ), membuat duplikat bidang menjadi ukuran yang berbeda. Tools ini tidak berfungsi dalam ruang atau 3D.
  8. Move ( M ), memindahkan bidang atau ruang yang sedang kita buat sesuai keinginan. Sebagai catatan, di dalam Sketchup tidak ada tools copy, jadi cara mengcopy adalah dengan kombinasi tools Move + Ctrl.
  9. Rotate ( Q ), untuk merotasi suatu bidang atau ruang. Rotasi ini bisa sampai 360 derajat.
  10. Scale ( S ), untuk memperbesar atau memperkecil ruang atau bidang.
  11. Tape measure tools ( T ), untuk mengetahui ukuran bidang atau ruang, juga digunakan sebagai penggaris sebelum membuat bidang atau ruang. Memiliki tampilan berupa titik-titik yang sejajar dengan garis yang diinginkan.
  12. Text, membuat text dalam Sketchup. Text yang telah jadi bisa pula di Push atau Pull dengan ukuran yang lebih besar atau kecil dengan tool Push/Pull.
  13. Paint Bucket ( B ), untuk mewarnai bidang atau gambar dengan material atau hanya warna biasa. Didalam paint Bucket terdapat banyak material yang sering digunakan dalam membangun atau membuat sebuah produk.
  14. Orbit ( Ctrl + Scroll pd mouse ), untuk melihat Sketchup secara menyeluruh atau secara 360 derajat.
  15. Pan, untuk scroll Sketchup secara 2D.
  16. Zoom, untuk memperbesar bidang atau ruang yang kita inginkan untuk dilihat.
  17. Eraser ( E ), untuk menghapus bidang atau ruang dalam Sketchup.

Itulah beberapa fungsi tools yang digunakan dalam Sketchup. Sebagai pemula ada baiknya lebih fokus belajar dasar terlebih dahulu. Karena semakin kita sering belajar, maka semakin besar pula kita memiliki skills dalam mendesain. Selain belajar dalam software, perlu juga adanya dasar skills yang ada didalam otak kita.

Karena dengan begitu ketika kita menggunakan software Sketchup akan lebih mudah. Sebagai catatan, sebenarnya ada tools yang lain tetapi fungsinya tidak seperti fungsi tools tersebut. Karena memang sangat jarang digunakan untuk pemula yang ingin belajar Sketchup.

Cara Cepat Belajar Sketchup Untuk Pemula | juragan | 4.5
error: Content is protected !!